Musda LDII Kota Makassar

makassar2mei13Tampil sebagai ketua panitia kegiatan, Drs. H. M. Renreng Tjolli, MA dan Muhammad Furqon Nur, S.Kep sebagai sekretaris. Musda dihadiri oleh 150 orang peserta. Terdiri dari unsur Dewan Penasehat (wanhat), DPW LDII Provinsi Sulsel, DPD LDII Kota Makassar, dan Pimpinan Cabang. Ditambah panitia sebanyak 35 orang.

Beragam item acara berlangsung dalam musyawarah ini. Mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan ketua panitia, Sambutan ketua DPD LDII Kota Makassar oleh Drs. H. Adnan Madi, MM. Sambutan Ketua DPW LDII yang diwakili oleh Ir. H. Abri, M.Si. Pemerintah Kota Makassar turut ambil bagian dalam memberikan sambutan. Sekertaris Kota, Drs. Agar Jaya, MM membacakan sambutan Walikota Makassar. Seremonial pembukaan Musda diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan pembacaan doa.

Pembicara yang hadir dalam musyawarah lima tahunan Kota Anging Mammiri ini diantaranya Drs. H. Muh. Kamaruddin Monde, M.Si selaku Kepala Bagian Kesra Kota Makassar. Dalam arahannya, Kamaruddin Monde menggambarkan tugas Kesra Kota Makassar secara rinci. Mulai dari melakukan pembinaan kepada Badan Amil Zakat. Selain itu, melakukan pendataan, administrasi dan pengelolaan sarana ibadah. Tak terkecuali melakukan administrasi lembaga sosial keagamaan, pembinaan lembaga amil dan zakat Termasuk memperhatikan kesejahteraan imam, majelis ulama dan guru mengaji. Ia juga menyampaikan tatacara permohonan bantuan pembangunan sarana dan prasarana ibadah.

Pemateri lain ialah Ketua MUI Kota Makassar, Dr. KH. Mustamin Arsyad Lc, MA. Dosen yang menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan S3-nya di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dan mengajar dibeberapa perguruan tinggi diantaranya UIN Alauddin, Universitas Muslim Indonesia, UIN Sunan Kalijaga, dan UIN Syarif Hidayatullah itu menyampaikan bahwa ajaran islam hendaknya dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ajaran islam mengenai moral dan spiritual

Dalam penyampaiannya, persoalan besar yang melanda umat islam saat ini ialah masyarakat belum bisa mengamalkan konsep moral dan spiritual Alquran. Buktinya banyak terjadi bencara alam dan sosial. Bencana alam acapkali melanda negeri ini seperti banjir, longsor dan tsunami. Bencana sosial juga marak terjadi, seperti bentrokan, kriminal, perkelahian kelompok dan korupsi. Mustamin Arsyad memberikan perhatian yang lebih terhadap masalah korupsi. Ia menyinggung sebagian elit yang acap menyalahgunakan uang rakyat.

Oleh karena itu, Mustamin Arsyad mengajak kepada segenap umat islam untuk mengamalkan nilai-nilai Kitab Suci Alquran dalam segala aspek kehidupan. Tujuannya agar kehidupan dapat menjadi lebih baik.

Usai ishoma acara dilanjutkan dengan sidang komisi. Sidang komisi paripurna pertama sampai keempat. Dipenghujung acara, peserta Musda memilih Drs. H. M. Renreng Tjolli, MA sebagai Ketua DPD LDII Kota Makassar untuk masa bakti 2013-2018.

 

sumber : http://beritanuansa.wordpress.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s